Moto Z 3

Smartphone Moto Z –┬áNama Motorola pastinya tak asing di telinga beberapa pencinta gadget tanah air. Walau sebenarnya satu tahun lebih terakhir, Motorola telah angkat kaki dari Indonesia. Namun saat ini, sesudah disadarisisi oleh Lenovo, kita dapat kembali nikmati smartphone buatan Motorola. Dengan diawali hadirnya Moto E3 Power, kesempatan ini giliran smartphone flagship Moto Z yang datang. Tersebut penjelasannya.

Spesifikasi Ulasan
HARGA Rp8. 499. 000
BODI 153, 3 x 75, 3 x 5, 2 mm, 136 gram
PROSESOR Qualcomm Snapdragon 820 1, 85 GHz
GPU Adreno 530
RAM 4 GB
STORAGE 64 GB
LAYAR AMOLED 5, 5 inci (2. 560 x 1. 440 pixel)
KAMERA 13 MP & 5 MP
BATERAI 2. 600 mAh
SISTEM OPERASI Android 7. 0
JARINGAN Dual-SIM 4G
SENSOR Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass
LAINNYA Quick Charge 3. 0

Keunggulan

Flagship tertipis. Motorola mendesain Moto Z dengan bahan aluminium dan konstruksi bodi yang begitu tidak tebal. Ya, segi tertipis smartphone ini (tak termasuk juga kamera) mempunyai ketebalan cuma 5, 2 mm saja. Praktis jadikan Moto Z sebagai smartphone flagship tertipis didunia sekarang ini. Dengan bodinya yang tidak tebal ikut merubah bobotnya yang jadi cuma 136 gr saja.

Design antimainstream. Ada yang katakan bagus, ada yang katakan buruk, ada juga yang katakan aneh. Tersebut pendapat beberapa orang saat lihat Moto Z. Namun untuk kami, Moto Z yaitu smartphone menawan dengan design nyeleneh. Kata nyeleneh yang kami maksud disini yaitu antimainstream atau tak market. Pemicunya yaitu design super tidak tebal, kamera bulat menonjol, segi belakang yang berisi banyak pin konektor (untuk aksesories Moto Mods), dan sensor fingerprint di depan yang serupa tombol home.

Masihlah yang paling cepat. Moto Z awal kali di luncurkan pada Oktober 2016 serta baru masuk ke Indonesia awal Februari ini. Walau demikian, hardware CPU Snapdragon 820, RAM 4 GB, serta storage 64 GB yang dipunyainya masihlah begitu powerful untuk sekarang ini. Pengujian AnTuTu yang kami lakukan dapat membuahkan score 119 ribu poin. Ya, Moto Z bisa menggerakkan aplikasi ataupun game apa pun dengan begitu baik.

Monitor berkualitas. Sekarang ini, ada beberapa smartphone flagship yang masihlah kerasan dengan resolusi Full HD, beberapa lagi telah melaju dengan resolusi Quad HD. Serta Moto Z termasuk juga flagship dengan resolusi Quad HD. Diluar itu, monitor 5, 5 inci yang dipunyainya memakai panel AMOLED berlapis Gorilla Glass 4 serta permukaan lengkung 2, 5D. Gabungan itu praktis bikin monitor Moto Z mempunyai kwalitas diatas rata-rata.

Revolusioner. Th. 2016 lantas ada dua smartphone modular (bongkar-pasang) yang launching, yaitu LG G5 serta Moto Z. LG G5 dapat disebut kurang disukai, sesaat Moto Z masihlah tambah baik serta layak dimaksud ajaib. Pasalnya design modular Moto Z tambah lebih praktis untuk diaplikasikan, dapat menyulapnya jadi piranti dengan manfaat semakin banyak. Motorola meletakkan sebagian pin konektor di bodi belakang Moto Z untuk disambungkan dengan aksesories bernama Moto Mods.

Selama ini ada empat type Moto Mods yang ada. Dari mulai Mods back cover bernama Style Shell, Mods powerbank Incipio Power Pack, Mods sepaker JBL Soundboost, Mods proyektor Insta-share, sampai Mods kamera Hasselblad Truezoom. Ke empat Mods ini di jual terpisah serta bisa dilepas-pasang dengan begitu gampang serta praktis dengan system magnetic.

Kamera dengan OIS. Diatas kertas, kamera yang dibawa Moto Z termasuk bebrapa umum saja. Pasalnya resolusi kamera intinya cuma 13 MP, sedang kamera depannya cuma 5 MP (diperlengkapi LED flash). Namun janganlah tertipu angka resolusi, lantaran mutunya nyatanya termasuk mumpuni, walau tidak sebagus Google Piksel, iPhone 7, atau Samsung Galaxy S7.

Nah, untuk keperluan merekam video, kamera 13 MP itu mampu membuat video sampai resolusi 4K 30 fps. Plus, karenanya ada tehnologi optical image stabilizer, kita dapat merekam video dengan tambah nyaman. Kami coba merekam video waktu dibonceng diatas motor dengan kecepatan 30 km/jam, video tersaji dengan halus. Perpindahan konsentrasi objeknya juga mulus.

Kekurangan

Tanpa ada jack audio. Ada hal yang perlu dikorbankan dari bodi Moto Z yang kelewat tidak tebal. Pemakai mesti merelakan hilangnya jack audio 3, 5 mm. Sebagai penggantinya, Motorola memasukkan adapter USB Tipe-C to 3, 5 mm. Namun tetap harus hal semacam ini kurang praktis untuk pemakai yang kerap memakai headset.

Baterai kecil. Terkecuali hilangnya jack audio, hal-hal lain yang perlu dikorbankan dari bodinya yang ramping yaitu baterai. Miliki monitor besar beresolusi QHD dan hardware kencang, Moto Z cuma dibekali baterai 2. 600 mAh saja. Karena itu pemakai mesti bebrapa pandai menghemat pemakaian smartphone. Mengenai rata-rata screen-on-time yang dibuat yaitu 3, 5 jam.

Baca juga :

Kesimpulan

Moto Z tawarkan design yang menawan sekalian nyeleneh. Bodinya begitu tidak tebal dengan ketebalan 5, 2 mm dan bobot cuma 136 gr. Diluar itu, ada aksesories revolusioner Moto Mods yang dapat dibeli untuk menyulapnya jadi speaker, proyektor, atau kamera. Tetapi dengan bodinya yang tidak tebal, ada hal yang perlu dikorbankan, yaitu hilangnya jack audio dan baterai yang kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *