IP67 dan IP68

Sertifikasi IP67 serta IP68 – Nyaris semuanya smartphone flagship th. 2017 seperti Sony Xperia XZ Premium, Apple iPhone 7, Samsung Galaxy S8, serta LG G6 menyematkan feature tahan air serta debu bersertifikasi IP67 atau IP68. Walaupun kerap mendengar arti ini, nyatanya ada banyak orang yang belum tahu maksud serta ketidaksamaan dari keduanya. Untuk Kamu yang belum memahami benar, kami bakal menerangkan pengertian serta ketidaksamaan IP67 serta IP68 pada penjelasan di bawah ini.

Apa arti dari IP68 serta IP67?

IP67 dan IP68
IP67 dan IP68

IP67 atau IP68 terbagi dalam tiga kode, yaitu IP, lantas dikuti kode angka 6 serta disudahi kode angka 7 maupun 8. IP yaitu singkatan dari International Protection dengan kata lain perlindungan internasional. Standard sertifikasi ini disusun serta di buat oleh International Electrotechnical Commission (IEC).

Setelah itu angka 6 dipakai sebagai pemberi tanda kalau smartphone itu tahan pada debu, pasir atau pertikel semacamnya. Paling akhir ada kode angka 7 atau 8. Angka 7 dipakai sebagai tanda kalau smartphone itu tahan pada serangan air serta mampu menyelam di kedalaman 1 mtr. sepanjang 30 menit.

Sesaat angka 8 dipakai sebagai tanda kalau smartphone tahan pada serangan air serta bisa menyelam di kedalaman 1, 5 – 2 mtr. sepanjang 30 menit. Jadi ketidaksamaan IP67 serta IP68 cuma terdapat pada jarak kedalaman air saja.

Dengan cara teori, saat smartphone bersertifikasi IP68 serta IP67 terendam di kedalaman 1 mtr. sepanjang 30 menit, smartphone bakal bertahan serta tidak bakal berlangsung rusaknya permanen. Atau bahkan juga untuk beberapa hal asal-asalan seperti menjatuhkan smartphone ke toilet, bak mandi, atau wastafel, smartphone bersertifasi IP68 serta IP67 bakal aman-aman saja.

Bolehkah memakai didalam air?

Sebenarnya masalah ini masih tetap sedikit ambigu. Tetapi, seperti yang diambil oleh Trusted Reviews, smartphone dengan IP67 serta IP68 belum pasti dapat bertahan waktu di ajak menyelam. Karna kita tidak tahu tentu desakan air serta jarak kedalaman air waktu asik menyelam. Diluar itu, tes sertfikasi IP dikerjakan saat smartphone dalam model standby dengan kata lain tidak dioperasikan sekalipun.

“Ingat tidak untuk memakai smartphone dibawah air. Rating IP smartphone Kamu diraih waktu smartphone dalam model standby, hingga Kamu tak disarankan menjalankan smartphone dibawah air, seperti mengambil gambar, ” ungkap International Electrotechnical Commission.
Diluar itu kolam atau laut memiliki kandungan sangat banyak beberapa zat yang dapat menyerang system smartphone seperti air kencing, air ludah, sampai zat garam.

Jadi, mungkin saja untuk sesekali atau 2 x smartphone bakal bertahan, tetapi untuk percobaan selanjutnya, dapat saja smartphone bakal alami permasalahan. Bila Kamu menginginkan me gambil photo didalam air, alangkah tambah baik memakai action cam dengan casing waterproof.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *